Selasa, 03 Juni 2014

Air Compressor Generator Set Las Listrik


Air compressor
 adalah alat penghasil atau penghembus udara bertekanan tinggi yang digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang dapat mengurangi mutu dan daya lekatan tulangan pada beton seperti: debu-debu, potongan-potongan kawat bendrat, dan serbuk-serbuk kayu. Alat ini digunakan setelah proses pekerjaan pembesian selesai.

Air compressor sangat diperlukan untuk menjaga agar hasil pengecoran tidak tercampur dengan sisa-sisa dari pekerjaan pembesian maupun debu yang terdapat pada area pengecoran
Berikut gambar air compressor yang sedang beroperasi didalam suatu proyek :
air-compressor
Gambar 1.1 Air Compressor
Spesifikasi Alat :
Type : Airman Screw
Kapasitas        : 175 Cfm
Generator Set
Generator set adalah suatu mesin (motor) diesel yang berfungsi sebagai penggerak motor listrik (dinamo) sehingga dapat menghasilkan tenaga listrik. Energi listrik yang berasal dari generator set ini digunakan untuk power supplyyang melayani berbagai keperluan seperti: kebutuhan listrik alat concrete vibratortravo las listrik, bar benderbar cutter,  penerangan proyek, kebutuhan listrik kantor, dan sebagainya.
Mesin diesel termasuk mesin dengan pembakaran dalam atau disebut dengan motor bakar, ditinjau dari cara memperoleh energi termalnya (energi panas). Untuk membangkitkan listrik, sebuah mesin diesel dihubungkan dengangenerator dalam satu poros.
generator-set
Gambar 1.2 Generator Set
Spesifikasi Alat :
Type : Nissan Diesel
Kapasitas            : 400 KVA





Las Listrik
Pengelasan adalah salah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang continue.
Las listrik digunakan untuk mengikat/menyambung besi atau baja. Las listrik digunakan untuk memasang sepatu kolom, pembuatan profil penyiku dan pembuatan cor stop (batas pengecoran). Pada bagian bawah travo las ini terdapat roda untuk mempermudah dalam mobilisasi di lapangan.
Keberadaan alat ini juga penting dikarenakan banyaknya pekerjaan kolom pada bangunan bertingkat tinggi, berikut gambar las listrik yang sedang digunakan di dalam suatu proyek :


Gambar 1.3 Travo Las Listrik

Spesifikasi Alat :
Type : BX1-300-2 AC ARC Welder
Kapasitas            : 60-300 Amp

0 komentar:

Posting Komentar

    Blogger news

    Blogroll

    About